RW Siaga

27 06 2011

RW SIAGA

Menuju Visi Masyarakat Mandiri untuk Hidup yang Bersih, Sehat dan Nyaman

 Dari 2.679 Rukun Warga (RW) di 267 kelurahan seluruh DKI Jakarta, baru 883 RW atau 33 persennya yang memenuhi kriteria RW Siaga.

Seperti diketahui, yang disebut RW Siaga adalah RW yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya, baik kemampuan dan kemauan untuk mencegah, mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan, maupun kejadian luar biasa (KLB), secara mandiri. Dasar pembentukan RW Siaga adalah UU Nomor 23/1992 tentang Pembangunan Kesehatan Masyarakat, SK Menkes Nomor 564/VIII/2006, dan SK Gubernur tentang RW Siaga dan Revitalisasi Posyandu.

Untuk mewujudkan Jakarta Sehat 2010, diharapkan tahun 2009 semua RW se-DKI sudah menjadi RW Siaga dengan mempersiapkan tenaga kesehatan di masing-masing RW. Program RW Siaga juga merupakan penajaman dari program Gerakan Sayang Ibu (GSI) dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Program / Kriteria RW Siaga dilaksanakan dengan pengembangan kegiatan 8 indikator sebagai berikut :

1. Adanya Forum Musyawarah Masyarakat Desa/Kelurahan.

2. Adanya pelayanan kesehatan dasar (sarana pos RW sebagai PIK keluarga)

3. Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikembangkan   (Posyandu, dana sehat, donor darah, transportasi dll).

4. Sistem pengamatan penyakit (surveilans) dan factor resiko berbasis masyarakat.

5. Kesiapsiagaan dan penanggulangan gawatdarurat dan bencana.

6. Ada upaya mewujudkan Lingkungan Sehat.

7. Ada upaya mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

8. Ada upaya mewujudkan Masyarakat/Keluarga Sadar Gizi dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Diharapkan dengan terbentuknya RW Siaga, masyarakat memiliki kesiapan dan kemampuan untuk memahami, mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan sehingga mampu meningkatkan usia harapan hidup.

Kedepan masyarakat RW 08, melalui Pengurus RW 08 nya juga bisa menyusun program RW Siaga ini. Tetapi  dalam menyusun program ini tidak cukup hanya melahirkan sebuah keputusan di atas kertas saja, tetapi harus punya komitmen untuk dikerjakan karena bidang ini sangat ekstensif dan intensif.

Pada langkah awal kegiatan yang sudah dilakukan untuk menuju Program RW Siaga adalah Program Kampanye Hidup Bersih dan Sehat serta Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat antar RT. Kampanye ini adalah suatu Gerakan / Kampanye  untuk menjadikan Masyarakat RW 08 menuju Visi Masyarakat yang Mandiri untuk Hidup yang Bersih dan Sehat.

Dengan kerja keras dan kerja cerdas seluruh elemen masyarakat diwilayah RW 08 diharapkan terbentuknya RW siaga bukanlah sesuatu yang mustahil. “Hal yang terpenting, para warga masyarakat RW 08 mau untuk ikut mensukseskan program ini, siapa lagi kalau bukan kita yang mau ngurusi kampung kita menjadi kampung yang bersih dan nyaman ?”.

Ya, RW 08 Penjaringan mendapatkan perubahan menuju perbaikan. Dari persoalan lingkungan hijau, sanitasi, air bersih, nutrisi balita serta infrastruktur, tak lupa Program RW Siaga sudah ada didepan kita ?. Semoga kondisi seperti ini akan selalu menghiasi Kampung RW 08 Penjaringan dan wilayah lainnya.Lahudin  

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: